Metodologi Studi Agama

Metodologi Studi Agama

Pengarang

:

Mircea Aliade

W.C. Smith

J.M. Kitagawa

Ninian Smart

Rafaele Pettazzoni

R. Pannikar

F. Heller

Joachim Wach

Ursula King

J. Waardenburgh

Frank Willing

Ukuran

:

15,5 cm x 23 cm

Harga

:

Rp. 85.000,-

ISBN

:

9799289114

Penerbit

:

Pustaka Pelajar

Secara doktrinal tekstual orang Islam akan mengatakan dengan sungguh-sungguh bahwa kata pertama yang diucapkan seorang Muslim ketika bertemu dengan orang lain adalah assalamu’alaikum. Karena itu Islam adalah agama perdamaian. Orang Kristen Katolik mengklaim bahwa agama Kristiani adalah agama cinta, yang diimplementasikan lewat ajaran diakonia. Orang Hindu begitu juga mengatakan bahwa agamanya menekankan dharma. Orang Budha mengklaim bahwa agamanya bermaksud melepaskan dari penderitaan manusia. Dari segi konsepsi, kesemuanya mengacu pada titik dan cita-cita yang sama, yakni perdamaian dan kerukunan. Akan tetapi, pada kenyataannya baik secara doktrinal-kontekstual maupun secara historis-kontekstual kedua-duanya dapat diinterpretasikan secara apologis.

Doktrin teologi macam apapun, bahkan juga studi agama secara historis empiris yang manapun tak akan mampu memberikan sumbangan pemikiran untuk melerai ketertumpangtindihan dan ketercampuradukan antara dimensi kesejarahan dalam wujud praksis sosial; ketertumpangtindihan antara teks dan realitas. Bercampur aduknya “kepentingan” golongan baik dari segi kepentingan ekonomi, politik, pendidikan, sosial budaya maupun pertahanan keamanan dengan doktrin-teologis, menjadikan hubungan antara umat beragama semakin ruwet. Masih adakah celah-celah harapan di sela-sela keruwetan dan benang ruwet tersebut?

Perihal Sumber Ilmu Jaya
Menjual Quran, Kitab Arab Lokal maupun Bayreuth, Buku Kesehatan, Buku-buku Universitas dan lain lain Jl. Riau 85 Medan - 20231. Telp. (061) 455-4423 Fax. (061) 455-4423 e-mail: muh.faisal.sij@gmail.com Hp: 081-361-035-333

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: