Dialog Pemikiran Timur-Barat

Dialog Pemikiran Timur-Barat

Pengarang       : Drs. H. Moh. Fauzan Januri, M.Ag.

                          Drs. Muhammad Alfan

Ukuran            : 16 cm x 23 cm

Harga              : Rp.50.000,-

ISBN               : 978-979-076-120-9

Penerbit           : Pustaka Setia

Sebuah kebudayaan atau peradaban memiliki sejarah tersendiri untuk bangkit dan berkembang. Akan tetapi, suatu peradaban tidak mungkin lahir dan berkembang tanpa bersentuhan dengan kebudayaan lain dan saling meminjam. Proses pinjam-meminjam antar-kebudayaan hanya bisa terjadi jika masing-masing kebudayaan memiliki mekanisme sendiri-sendiri.

Pada umumnya, sarjana Barat modern membagi sejarah Barat (Eropa) menjadi zaman kuno, zaman pertengahan, dan zaman modem. Zaman kuno dibagi menjadi Yunani dan Romawi. Zaman pertengahan dikelompokkan menjadi zaman Kristen awal, transisi daVi kuno ke pertengahan, dan pencerahan. Ini berarti bahwa akar zaman modern yaitu Yunani, Romawi, dan Abad Pertengahan.

Akan tetapi, para sejarawan Barat berbeda pendapat mengenai asal usul kebudayaan mereka. Perbedaan itu meruncing ketika mereka berpegang pada ilmu sebagai akar kebudayaan. Artinya, sebuah kebudayaan atau peradaban akan lahir dan berkembang dengan konsep-konsep keilmuan di dalamnya, yang melahirkan aktivitas sosial, politik, ekonomi, dan aktivitas kultur lainnya. Dengan kata lain, kerja-kerja intelektual dan keilmuan anggota^masyarakatlah yang melahirkan kebudayaan. Hal ini berimplikasi bahwa di atas konsep-konsep keilmuan terdapat sistem dan supersistem yang disebut dengan world view (pandangan hidup atau pandangan alam). Dengan demikian, suatu peradaban akan bangkit dan berkembang tanpa adanya pandangan hidup dan aktivitas keilmuan di dalam masyarakatnya. Demikian pula, kebudayaan tidak akan bangkit, berkembang, dan melahirkan sains tanpa memiliki pandangan hidup terlebih dahulu.

Pada akhirnya, semua perbedaan itu tidak semata-mata karena perbedaan keyakinan. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan pemikiran, latar belakang budaya, sosial, pendidikan, ekonomi, dan politik. Oleh sebab itu, dialog paham keagamaan tidak cukup hanya dipenuhi dengan dialog antariman, tetapi harus lebih luas, yaitu dengan dialog pemikiran yang meliputi banya komponen.

 

Perihal Sumber Ilmu Jaya
Menjual Quran, Kitab Arab Lokal maupun Bayreuth, Buku Kesehatan, Buku-buku Universitas dan lain lain Jl. Riau 85 Medan - 20231. Telp. (061) 455-4423 Fax. (061) 455-4423 e-mail: muh.faisal.sij@gmail.com Hp: 081-361-035-333

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: